Thursday, March 29, 2007

Arus Jumlah Penumpang Di Pelabuhan Belawan Menurun.
Medan(kabarmedan)
Dampak dari hadirnya berbagai maskapai penerbangan udara di tanah air dengan tarif yang murah ,ternyata membuat arus jumlah penumpang di Pelabuhan Belawan mengalami penurunan selama empat tahun terakhir , sehingga membuat anggota dewan dari Komisi C DPRD Medan mempertanyakan akan hal ini dalam sebuah kunjungan kerja dengan pihak Pelindo I yang diwakili oleh General Manager (GM) Pelindo I Belawan Embay pada,Selasa(27/3) bertempat di Kantor Pelindo I –Belawan.
Ketua Komisi C DPRD Medan Muslim Maksum yang didampinggi oleh anggota dewan lainya,yakni:Zainuddin,Ikrimah Hamidi,OK.Chaidir serta Drg.Idamawati menyampaikan kepada pihak Pelindo I bahwa penurunan penumpang ini disebabkan oleh faktor karena kurangnya pelayanan serta jaminan terhadap keamanan khususnya dalam hal keamanan pengiriman barang melalui pihak Pelindo I. Menurut General Manager (GM) Pelindo I Belawan Embay pihaknya tidak sependapat bahwa penurunan kunjungan kapal serta penumpang di Pelindo I akibat kurangnya pelayanan. Embay menyatakan bahwa pihak Pelindo saat ini hanya melayani bongkar muat barang.Dari segi keamanan bahwa pihaknya telah menempatkan beberapa petugas,diantaranya dari pihak Polres KPPP, KPLP, dan security,serta dilibatkan pihak Adpel, dan Bea Cukai.
”Untuk masalah keamanan tidak ada sebuah titik masalah karena telah cukup memadai “ujar Embay. Faktor utama penurunan penumpang disebabkan oleh adanya tarif murah angkutan udara.”Perlu diketahui bahwa faktor utama penurunan jumlah penumpang disebabkan oleh hadirnya berbagai maskapai udara di tanah air yang menawarkan tarif yang cukup murah”ujarnya.Jadi dengan adanya tarif yang diberikan oleh maskapai udara, tentunya konsumen dalam hal ini penumpang lebih memilih maskapai udara dibandingkan oleh kapal laut.
“Untuk penurunan jumlah penumpang faktor utama sangat erat kaitanya dengan pertumbuhan secara ekonomi global,sebelumnya pihak kami melayani seminggu dua kali saat ini hanya dua kali ,tetapi perlu kami sampaikan bahwa adanya penurunan jumlah penumpang tidak berpengaruh terhadap biaya operasional Pelindo karena Pelindo saat ini mendapatkan biaya operasional dari jasa bongkar muat barang”ujar Embay
Menurut data yang disampaikan pihak PT Pelindo I,bahwa pada 2002, jumlah kunjungan kapal ke Pelindo sebanyak 5,803 unit,serta di tahun 2003 sebanyak 5,791 unit, 2004 sebanyak 4,695 unit, 2005 sebanyak 4,574 unit dan 2006 sebanyak 4,013 unit. Penurunan ini juga terjadi pada penumpang,misalnya saja pada 2002, jumlahnya mencapai 716, 862 orang,ditahun 2003 sebanyak 480, 480 orang dan pada tahun 2004 sebanyak 304, 659,dan 2005 sebanyak 262,148 orang.

No comments: